MODUL AJAR
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
Profil Peserta Didik : Siswa Reguler
Nama : Lenciana Dano, S. Ag
Sekolah : SDN Inpres Malino
Fase/Kelas/Semester : A/I/II
Elemen : Yesus Kristus
Judul : Kisah Kelahiran Yesus
Topik : 1. Kelahiran Yesus
2. Tiga Orang Majus
Profil Pelajar Pancasila : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak
mulia, peduli serta tanggung jawab.
Alokasi Waktu : 105 Menit
Tahun Penyusunan : 2024
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase A, peserta didik mengenal dirinya sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dan lingkungan di sekitarnya, yang mampu mensyukuri dirinya sebagai ciptaan Tuhan, melalui kebiasaan doa sebagai anggota Gereja, mewujudkan imannya dengan cara melakukan perbuatan baik, sesuai dengan teladan Yesus dan tokoh-tokoh Kitab Suci, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.
CAPAIAN ELEMEN YESUS KRISTUS:
Peserta didik menyadari bahwa bumi, langit dan seluruh isinya adalah ciptaan Tuhan, serta menyadari bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan yang istimewa.
Peserta didik mengenal tokoh-tokoh iman di dalam Perjanjian Lama (Nuh, Abraham, Ishak dan Yakub); mengenal kisah kelahiran Tuhan Yesus dan tiga orang Majus, serta mengenal masa kanak-kanak Yesus yang menetap di Nasaret, dipersembahkan di Bait Allah dan diketemukan di Bait Allah
| 1 |
| TUJUAN PEMBELAJARAN | KRITERIA KETERCAPAIAN TP (EVIDEN) | ASESMEN |
| Peserta didik diharapkan dapat mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik. Peserta didik juga diharapkan mampu bersyukur atas kelahiran Yesus serta mampu melakukan perbuatan kasih sebagai wujud pewartaan kabar gembira tentang kelahiran Yesus secara sederhana. | Pada akhir pembelajaran dari modul ini peserta didik menunjukkan kemampuan: Menyebutkan siapa yang dikunjungi malaikat Gabriel. Menyebutkan tempat kelahiran Yesus. Menyebutkan nama orang tua Yesus. Menyebutkan siapa yang pertama kali menerima kabar gembira kelahiran Yesus.. Menyebutkan nama tiga orang Majus yang mengunjungi bayi Yesus. Menyebutkan petunjuk yang digunakan tiga orang Majus ketika mengunjungi bayi Yesus. Menyebutkan jenis persembahan yang dibawa oleh tiga orang Majus Menjelaskan tujuan tiga orang Majus mengunjungi bayi Yesus. Menyebutkan siapa yang tidak senang dengan kelahiran Yesus. Membuat doa syukur karena Yesus lahir untuk menyelamatkan manusia. Mengumpulkan makanan, pakaian, dan alat tulis sebagai perwujudan kabar gembira kelahiran Yesus. Menunjukkan sikap beriman dan peduli dalam proses pembelajaran kisah kelahiran Yesus. | Awal: Mengamati gambar kelahiran Yesus dan peserta didik menyimak serta menjawab pertanyaan tentang apa yang disiapkan untuk menyambut kelahiran Yesus dan apa yang diberikan kepada bayi Yesus. Asesmen ini dilakukan untuk mengecek pengetahuan dan keterampilan prasyarat untuk belajar tentang kisah kelahiran Yesus. Proses: Cek pemahaman dan praktik peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran berkenaan dengan Kisah kelahiran Yesus, dan memberikan bimbingan pada peserta didik pada hal-hal yang perlu bimbingan. Akhir: Pemastian ketercapaian Pemahaman Peserta didik (dengan pengamatan, penugasan, cerita, tanya jawab, dsbnya) berkenaan dengan kisah kelahiran Yesus ( pengertian, ajaran Kitab Suci, dan sikap yang perlu dibangun berdasarkan Kitab Suci). Pemastian ketercapaian peserta didik dalam praktik kepedulian terhadap teman yang berkekurangan. Pendokumentasian hasil pengamatan guru terhadap perkembangan sikap peserta didik berkenaan dengan sikap beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, peduli dan tanggung jawab. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan pembelajaran berikut ini tidak kaku. Setelah pendidik melakukan asesmen awal kepada peserta didik, pendidik dapat menyesuaikan kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
| 4 |
| 7 |
| No | KEGIATAN PEMBELAJARAN TOPIK 2 |
| 1 | pendidik mengajak peserta didik untuk mengawali pertemuan dengan berdoa dan bernyanyi menggunakan doa/lagu yang ada di buku siswa. pendidik boleh menggunakan doa dan nyanyian lain yang sesuai. |
| 2 | Pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran topik 2 yang akan dicapai, tugas-tugas yang harus dilakukan dan penjelasan singkat mengenai isi materi . |
| 3 | Peserta didik menyimak puisi tentang tiga orang Majus Tiga orang Majus Datanglah ke Betlehem Lihatlah bayi Yesus di sana Tiga orang majus Hari ini telah lahir Sang penyelamat dunia Tiga orang Majus Datanglah ke Betlehem Persembahkanlah emas, dupa dan mur |
| 4 | Peserta didik menyimak kisah Kitab Suci (bdk. Matius 2) Jauh di timur, di tanah yang jauh dari Tanah Terjanji, tiga orang majus melihat bintang yang sangat terang. Mereka mengerti bahwa bintang itu menjadi tanda kelahiran seorang calon raja besar. Mereka ingin menghaturkan persembahan kepada-Nya. Maka, mereka memutuskan untuk berjalan mengikuti bintang itu sampai bisa menemukan sang calon raja. Setelah berjalan beberapa hari, mereka tiba di Yerusalem. Mereka bertanya kepada semua orang yang dijumpai, “di manakah calon raja Israel dilahirkan? Kami sudah mengikuti bintang-Nya, dan kami ingin sujud menyembah-Nya.” Ketika mendengar kabar itu, Herodes menjadi sangat khawatir jika calon raja itu kelak akan merebut tahtanya. “Apakah ini Mesias yang diramalkan banyak orang?” katanya dalam hati. Kemudian Herodes memanggil orang-orang majus itu. ‘Pergilah, carilah bayi itu. Jika kalian sudah menemukan-Nya. Kembalilah kemari dan katakana di mana ia berada karena aku juga akan menyembah Dia,” kata Herodes. Bintang itu menuntun orang-orang Majus ke tempat Yusuf, Maria dan Yesus berada. Ketika mereka berhasil melihat bayi Yesus, orang-orang itu sujud menyembah dan menghaturkan persembahan berupa emas, kemenyan, dan mur. Setelah beberapa saat berada di tempat itu, orang-orang Majus itu pulang ke negrinya. Awalnya, mereka ingin memberitahu Herodes, namun dalam mimpi, malaikat memerintahkan agar mereka jangan Kembali ke tempat Herodes. |
| 5 | Setelah menyimak bacaan Kitab Suci peserta didik mendalami kisah Kitab Suci dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini 1. Siapakah yang datang dari jauh untuk menyembah bayi Yesus? 2. Apa yang menuntun mereka kepada bayi Yesus? 3. Apa yang dilakukan mereka ketika bertemu bayi yesus? 4. Apa yang dipersembahkan mereka kepada bayi Yesus? |
| 6 | Peneguhan dari pendidik berdasarkan jawaban peserta didik Tiga orang majus dari timur mencari raja baru yang lahir di tanah Yudea. Orang majus adalah ahli perbintangan. Mereka melihat bintang besar yang menandakan raja besar telah lahir. Tiga orang majus ini bernama Melkior, Baltasar dan Gaspar. Mereka menyembah bayi Yesus dan mempersembahkan emas, dupa dan mur. Apakah kalian mau seperti orang majus itu? Apa yang kalian persembahkan untuk bayi Yesus? Kalian dapat menyembah bayi Yesus dengan rajin berdoa dan ke Gereja. Kalian dapat memberi persembahan kepada bayi Yesus dengan memberi bantuan kepada teman yang kekurangan. |
| 9 | Peserta didik bersama-sama pendidik mengambil kesimpulan dari topik ini dan membuat rangkuman. 1. Tiga orang majus dari timur bergembira dengan kelahiran Yesus 2. Mereka mencari bayi Yesus dengan petunjuk bintang 3. Tiga orang majus ini bernama Melkior, baltasar dan Gaspar 4. Mereka datang untuk menyembah bayi Yesus 5. Mereka mempersembahkan emas, kemenyan, dan mur |
| 10 | Peserta didik mengerjakan tugas mewarnai gambar |
| 11 | Refleksi dan aksi Refleksi Peserta didik merenungkan pengalamannya: Apakah saya seperti tiga orang majus?Apa yang saya persembahkan kepada bayi Yesus? Aksi (melakukan perbuatan baik) Peserta didik melakukan kegiatan: Tuliskan persembahan yang kamu bawa untuk bayi Yesus dalam bintang ini |
| 12 | Peserta didik bersama dengan pendidik menutup pembelajaran dengan doa Doa: Allah yang mahabaik. Kami datang menyembah-Mu dan mempersembahkan hati ini. Amin. |
| 13 | Peserta didik bersama pendidik menyanyikan lagu penutup. Menyanyikan Kembali lagu tiga raja dari timur Tri raja dari timur. Brikan mas, dupa dan mur. Memberi hormat syukur. Gembiralah-gembiralah Juruselamatmu datang Tri raja ikut bintang. Menjenguk Yesus Tuhan. Kasih allah berkenan. Gembiralah-gembiralah Juruselamatmu datang. |
Asesmen pada MA
- Assesmen Awal
Assesmen dilakukan pada saat proses awal pembelajaran dengan mengamati kemampuan peserta didik saat tanya jawab. Tandai dengan (v) bila peserta didik dapat melakukannya dan dengan (x) bila tidak dapat melakukannya.
| Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Eviden) | V | X |
| Menyebutkan nama orang yang dikunjungi malaikat | ||
| Menyebutkan tempat kelahiran Yesus | ||
| Menyebutkan nama orang tua Yesus | ||
| Menyebutkan nama tiga orang majus |
- Assesmen Proses
Guru melakukan assesmen melalui pengamatan terhadap peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung dan mengisi rubrik berikut:
Tandai dengan (v) bila peserta didik dapat melakukannya dan dengan (x) bila tidak dapat melakukannya.
| Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Eviden) | V | X |
| Menyebutkan nama orang yang dikunjungi malaikat | ||
| Menyebutkan tempat kelahiran Yesus | ||
| Menyebutkan nama orang tua Yesus | ||
| Menyebutkan orang yang pertama kali menerima kabar gembira kelahiran Yesus | ||
| Menyebutkan nama tiga orang Majus yang mengunjungi bayi Yesus | ||
| Menyebutkan petunjuk yang digunakan tiga orang Majus ketika mengunjungi bayi Yesus | ||
| Menyebutkan jenis persembahan yang dibawa oleh tiga orang Majus | ||
| Menyebutkan tujuan tiga orang Majus mengunjungi bayi Yesus | ||
| Menyebutkan orang yang tidak senang dengan kelahiran Yesus |
- Assesmen Akhir
Guru dapat melakukan assesmen untuk:
Pemastian ketercapaian pemahaman peserta didik berupa pengenalan/ ingatan (dapat dengan penugasan, membaca, dan menulis) tentang kisah Kelahiran Yesus.
Pemastian ketercapaian peserta didik dalam praktik mengenal kisah Kelahiran Yesus.
Tandai dengan (v) pada kolom yang sesuai.
| Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Eviden) | Mandiri | Sedikit bimbingan | Bimbingan Penuh | Tidak dapat |
| Menyebutkan nama orang yang dikunjungi malaikat | ||||
| Menyebutkan tempat kelahiran Yesus | ||||
| Menyebutkan nama orang tua Yesus | ||||
| Menyebutkan orang yang pertama kali menerima kabar gembira kelahiran Yesus | ||||
| Menyebutkan nama tiga orang Majus yang mengunjungi bayi Yesus. | ||||
| Menyebutkan petunjuk yang digunakan tiga orang Majus ketika mengunjungi bayi Yesus | ||||
| Menyebutkan jenis persembahan yang dibawa oleh tiga orang Majus | ||||
| Menuliskan cara memelihara alam ciptaan Allah | ||||
| Menuliskan permainan yang disukai anak perempuan dan anak laki-laki. | ||||
| Menceritakan Kembali kisah penciptaan menurut kitab kejadian 1: 1-26 | ||||
| Menceritakan Kembali kisah Penciptaan menurut kitab kejadian 1: 26-28 | ||||
| Permainan peran (role playing game) kisah penciptaan menurut kitab Kejadian 1: 1-26 | ||||
| Membuat doa syukur karena Yesus lahir untuk menyelamatkan manusia | ||||
| Membuat kartu Natal |
Pendokumentasian hasil pengamatan guru terhadap perkembangan sikap peserta didik berkenaan dengan peduli terhadap teman yang kekurangan
Tandai dengan (v) bila peserta didik melakukannya dan dengan (x) bila tidak melakukannya.
| Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Eviden) | V | X |
| Mengumpulkan bahan makanan, pakaian, alat tulis sebagai perwujudan kabar gembira kelahiran Yesus Membuang sampah pada tempatnya |
DAFTAR PUSTAKA
Atmaja, Hardy Sastra. 2016. Panduan Penggunaan Musik Kateketis bagi Pendidikan Iman Anak dalam Keluarga, Sekolah, dan Gereja. Yogyakarta: PT Kanisius.
de Graaf, Anne. 1997. Kitab Suci untuk Anak-Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Kemendikbud. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk SD Kelas I, Buku Guru. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk SD Kelas I, Buku Siswa. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk SD Kelas I, Buku Guru. Edisi revisi. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk SD Kelas I, Buku Siswa. Edisi revisi. Jakarta: Kemendikbud.
Komisi Liturgi Keuskupan Agung Semarang. 2007. Ayo Puji Tuhan: Nyanyian Liturgi dan Rohani Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Komisi Liturgi KWI. 2018. Puji Syukur: Buku Doa dan Nyanyian Gerejawi. Jakarta: Penerbit Obor.
Lembaga Alkitab Indonesia (Terjemahan diterima dan diakui oleh KWI). 2016. Alkitab Deuterokanonika. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
| 9 |
Leave a Reply